Review Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Galaxy A3 ini merupakan smartphone generasi pertama dari samsung yang memiliki body logam. Sebelumnya ada galaxy Alpha, Galaxy A5, namun desain inovatif tersebut hanya menghiasi bagian frame saja. Tak hanya menggunakan bahan logam, desain Samsung A3 ini cukup slim dan ramping, serta struktur desainnya yan solid dan nyaman saat digenggam. Ada dua tray yang disediakan Galaxy A3 ini, satu untuk SIM Card Utama, dan satunya lagi untuk SIM Card kedua, serta tambahan microSD. Jika ingin menyisipkan SIM Card, otomatis kartu microSD harus dilepas, selain itu galaxy A3 ini menggunakan kartu Nano SIM.

Untuk layarnya, smartphone ini mendukung resolusi qHD, serta penggunaan layar Super AMOLED yang bisa meningkatkan kemampuan layar. Selain dapat memancarkan gambar dan warna natural, layarnya pun bisa menghemat baterai. Layar smartphone ini pun cukup baik, hanya kekurangannya karena tidak adanya lapisan gores. Galaxy A3 ini mampu mendeteksi 5 titik sentuhan jari, dan untuk personalisasi display, pengguna bisa mengatur ukiran fontasi, jenis huruf, serta tingkat kecerahan.
Samsung Galaxy A3 SM-A300H
Galaxy A3 mendukung spesifikasi hardware yang hampir sama dengan smartphone samsung sekelasnya. Semua fungsi bisa dioperasikan dengan mulus tanpa kendala. Galaxy A3 menawarkan penyimpanan internal sebesar 16GB, yang bisa dibilang lumayan besar untuk menyimpan data ataupun aplikasi lainnya. Jika pengguna ingin menjalankan agar tetap berjalan mulus, diusahakan untuk menyimpan file video di slot memori ekspansi yang kapasitas maksimalnya hingga 64GB dan mendukung jenis microSDHC. Samsung Galaxy A3 juga menanamkan sistem managemen power yang cukup handal melaui fitur Ultra Power Saving Mode. Karena dengan mengaktifkan fitur ini, baterai akan bisa bertahan lebih dari 10 hari untuk standby saja. Interface Galaxy A3 akan diatur sanagt sederhana dengan tema grayscale yang hanya memunculkan beberapa aplikasi yang berguna. Dengan Antutu Benchmark, Galaxy A3 membukukan skor 21275, berada di atas Galaxy Mega. Saat menggunakan Quadrant standard, Galxy A3 mencatat nilai 12174.

Kamera utamanya memiliki resolusi 8MP dan 5MP untuk selfie di sisi depan. Selain untuk foto, kedua kamera smartphone ini juga mendukung kemampuan merekam video HD. Kamera Galaxy A3 ini memiliki struktur interface, dan menariknya saat mengambil foto, anda tidak perlu menekan ikon shutter, tapi bisa memanfaatkan suara atau dengan menggerakan telapak tangan. Untuk Kamera utamanya pengguna bisa memanfaatkan mode Rear-Cam Selfie, yang secara otomatis akan mendeteksi dan fokus pada wajah. Sementara untuk kamera depan tersedia mode Wide-Selfie, yang memungkinkan foto selfie lebih luas dengan sudut foto hingga 110 dalam mode portait dan 120 dalam modus landscape. Pengguna juga bisa memanfaatkan mode Animated GIF, yaitu dengan menyatukan hingga 20 foto secara continue dan secar otomatis menghasilkan shareable GIF.

Untuk Multimedianya sendiri, selain didukung fasilitas khas android google, Galxy A3 ini juga menyertakan beberapa tambahan seperti pemutar video dan radio FM. Untuk musik, pengguna bisa memakai Play Music Google Play, yang bisa terintegrasi dengan akun google. Untuk radio FM smartphone ini juga sudah mendukung teknologi RDS serta kemampuan untuk merekam siaran radio.

Untuk fiturnya, Galaxy A3 ini menyediakan fitur pengaman data yang bisa di akses secara remot yaitu Find My Mobile. Fitur ini akan terintegrasi langsung dengan website findmymobile.samsung.com. Ini bisa dimanfaatkan untuk mencari smartpphone yang hilang, serta bisa dipakai untuk memproteksi file dan mengimport data penting yang ada di smartphone.

Untuk interface Galaxy A3 ini terlihat sederhana, karena panel notifikasi yang ada di bagian atas layarpun dibuat standar. Untuk tampilan homescreen, halaman tab menu serta mode lockscreen mengadopsi struktur bawaan android 4.4.4 Kitkat. Smartphone ini juga menyertakan pilihan Easy Mode, dengan layout simpel dan ikon besar yang cukup berguna dan  mudah dipahami oleh pengguna baru sekalipun.

Konektifitas yang dimiliki smartphone ini juga cukup lengkap. Untuk akses data data mendukung jaringan HSPA dengan speed akses mancapai 42.2 Mbps untuk download dan 5.76 Mbps untuk upload. Kedua slot SIM Card Galxy A3 ini juga mendukung network 3G dan untuk slot satunya akan secara otomatis beralih ke 2G. Kedua slot SIM juga mendukung always on, yang berarti pengguna bisa menerima telpon masukdi kesua SIM, walaupun sedang memlakukan panggilan kelaur dari salah satu SIM.

Review Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown